Artikel Ilmiah
Pondok Pesantren At-Taqwa Depok
Memahami Tradisi Pendidikan Islam: Taliim, Tazhiim, Khidmah dan Mahabbah.
Shuhbah, khidmah dan berkah itu nyata adanya. Bagi yang faham dan mengamalkan ilmu dengan benar in Syaa-a Allah akan merasakannya. Bagi yang belum faham sebaiknya bertanya kepada ahlinya dan belajar dengan benar. Jangan sembarangan menilai, apalagi berbicara.
Oleh: Dr. Muhammad Ardiansyah (Mudir Pesantren At-Taqwa Depok)
Read more →
Keunggulan Ihya Ulumiddin dari Kitab ...
Dalam pengatar kitab Ihya Ulumiddin, Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa kitabnya tidak muncul dalam ruang kosong. Ia merupakan kelanjutan sekaligus penyempurna dari karya-karya sebelumnya, salah satunya Al-Qulub karya Abu Thalib al-Makkiy. Namun, sebagaimana pengakuan penulisnya sendiri, ...
Selengkapnya →
Benarkah Hanya Sedikit Sahabat Nabi ...
Pengumpulan Al-Quran sudah dimulai sejak zaman Nabi Muhammad Saw secara lisan. Ini sebagaimana lafadz al-jamu dalam bab “pengumpulan al-Quran” yang memiliki dua makna. Pertama, mengumpulkan dalam hati, kedua mengumpulkan dalam tulisan. Rasulullah Saw menjadi pelopor ...
Selengkapnya →
Ketika Peradaban Barat Menyingkirkan Tuhan
“Suatu hari, di tengah pasar, ada seseorang berlari ke tengah kerumunan. Sembari berlari, ia berteriak, “Di mana semua orang? Di mana semua orang? Aku ingin menyatakan bahwa hari ini Tuhan telah mati! Kita telah membunuhnya!”
Selengkapnya →
Agama dalam Bayang Sekularisme: Krisis ...
Pada abad ke 19, Soren Kierkegaard, filsuf berkebangsaan Denmark mengatakan, “Were always becoming Christians.” (Kita selalu sedang menjadi orang Kristen). Barangkali pernyataan Kierkegaard menyisakan sejumlah pertanyaan, seperti: Apa maksud selalu sedang menjadi Kristen? Apakah Kristen ...
Selengkapnya →- 9-12 Juni 2025
- Ujian Lisan Shoul-Lin 2 dan PRISTAC 2
- 16-21 Juni 2025
- UAS Semester 3 & 6
- 25 Juni 2025
- Sidang Kenaikan Kelas
- 23-24 Juni 2025
- Micro Teaching Shoul-Lin 2
| Jl. Usman Hasbi, RT.04 RW 04 Jatimulya, Cilodong - Depok | |
| info@attaqwa.id | |
| (+62)856 0980 9086 |