Penuh Dengan Pesan-Pesan Tentang Adab, Santri Pristac Kaji Salah Satu Novel Karya Tere Liye

Oleh: Nayla Adzkya Putri Wahab (Santriwati PRISTAC - Setingkat SMA - Pesantren At-Taqwa Depok, 14 tahun)
Artikel Ilmiah Liputan Kegiatan
...

Pada bulan Ramadhan ini para santri Pesantren At-Taqwa Depok tidak hanya disibukan dengan agenda puasa semata, namun juga acara presentasi makalah. Presentasi makalah ini dilakukan oleh santri PRISTAC tingkat dua. Presentasi kali ini dihadiri oleh seluruh santri sebagai bentuk pembelajaran agar semakin percaya diri dan belajar mempertanggung-jawabkan makalah yang telah ditulis.

Presentasi makalah ini memasuki tahap kedua, yakni disajikan di hadapan seluruh santri At-Taqwa Depok dengan dihadiri puluhan guru yang memberikan saran dan kritik kepada para santri. Setelah dua kali dilaksanakan dalam waktu dua pekan, pada Jumat, 29 Maret 2024, dilaksanakanlah sesi ketiga dari tahap kedua ini.

Makalah para santri PRISTAC ditulis dengan berbagai tema disertai gaya presentasi tersendiri menarik perhatian para santri. Salah satu santriwati PRISTAC II, Hana Azizah, mempresentasikan makalahnya yang berjudul, “Pesan-pesan Adab dalam Novel Janji Tereliye.” Ia menjelaskan seputar adab-adab kepada Allah yang disarikan dari novel tersebut. Ia pun menjelaskan bahwa banyak cara dalam memperoleh ilmu, sebagaimana dipesankan dalam novel tersebut.

Setelah para pemakalah memaparkan materinya, para santri pun diberi kesempatan untuk memberi beberapa pertanyaan seputar materi yang dipresentasikan. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan beragam, dari yang ringan hingga yang berat. Selesai dari rangkaian acara tersebut para guru pun memberi evaluasi dan pesan kepada para presentator ataupun santri.

Ada beberapa tanggapan dari para santri setelah menyaksikan presntasi makalah PRISTAC II. Beberapa dari para santri memberi tanggapan yang baik, mereka sangat senang karena pembahasan yang dibawa cukup menarik dan mudah diamalkan. Diharapkan bagi para santri, apa yang telah ditulis dapat membawa manfaat bagi kehidupan dan menjadi amal jariyah bagi mereka. (Editor: Shofie/Ahda)

AT-TAQWA DEPOK
Jl. Usman Hasbi, RT.04 RW 04 Jatimulya, Cilodong - Depok
info@attaqwa.id
(+62)856 0980 9086