Mudir Ponpes At-Taqwa Depok Paparkan Pentingnya Adab dalam Pendidikan Pada Seminar dan FGD ASOSIASI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM

Oleh: Humas Ponpes At-Taqwa Depok
Artikel Ilmiah Liputan Kegiatan
...

Jum'at, 1 Desember 2023 Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) mengadakan Seminar dan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Toward Islamic World Class Teacher. Dalam acara itu diundang sebagai pembicara beberapa pakar dan praktisi pendidikan, antara lain:

  1. Dr. H. Edi Sukardi, MPd (Rektor Umbara)
  2. Dr. Deni Hadiana, MSi (Peneliti BRIN)
  3. Dr. Jaka Warsihna, MSi (Ketua IB)
  4. Dedi Setyo Afrianto, MPd (Kabid Pendidikan Nurul Fikri)
  5. Dr. Dadeng Wahyudi (Ketua AYPI Jabar)
  6. Dr. Aris Adi Leksono (Pengurus Pergunu)
  7. Zulfikri Anas, MEd (Kapuskurjar Kemendikbud)
  8. Dr. Muhammad Ardiansyah (Mudir Ponpes At-Taqwa Depok)
Dalam kesempatan yang baik itu Mudir Ponpes At-Taqwa Depok, Dr. Muhammad Ardiansyah mengingatkan pentingnya adab dalam pendidikan.

"Bicara tentang adab berarti bicara proses penanamannya, yaitu ta'dib. Bicara ta'dib berarti bicara tentang pendidiknya, yaitu muaddib (guru). Para pendidik yang beradab ini diharapkan bisa melahirkan manusia yang baik, yaitu insan adabi. Dari insan adabi inilah in sya'a Allah akan terwujud kembali peradaban yang unggul." Demikian menurut Ardiansyah.

Selain itu, Mudir Ponpes at-Taqwa Depok ini juga mengingatkan bahwa inti pendidikan itu adalah anak belajar apa dan belajar kepada siapa! Anak harus belajar adab dan ilmu, kepada guru yang beradab dan berilmu.

"Adab bukan sebatas etika, sopan santun sesama manusia. Adab mencakup semua bidang kehidupan. Dalam konteks pendidikan adab harus hadir dalam Niat - Kurikulum - Metode - Evaluasi - Sarana dan Prasarana dll." Demikian tegas Ardiansyah.

Sebagai penutup, Ardiansyah menyampaikan, "Kita harus tetap Optimis. Meski belum ideal, pendidikan Islam hari ini sudah cukup baik, bahkan banyak peningkatan kualitas dan harapan terwujud peradaban yang unggul. Kita harus terus berjuang, khususnya para guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan. Mudah-mudahan Allah SWT meridhai perjuangan kita."

AT-TAQWA DEPOK
Jl. Usman Hasbi, RT.04 RW 04 Jatimulya, Cilodong - Depok
info@attaqwa.id
(+62)856 0980 9086