ATCO: Setelah Setahun Berjuang

Oleh: Dr. Adian Husaini (Direktur At-Taqwa College Depok)

Alhamdulillah, bulan Agustus 2020 ini, At-Taqwa College Depok (ATCO) telah memasuki tahun kedua. Hingga 25 Agustus 2020, ada 17 mahasiswa baru ATCO Angkatan kedua telah siap memasuki perkuliahan perdana, 5 September 2020.

Sebagian besar mereka adalah lulusan pendidikan setingkat SMA. Para mahasiswa baru ini ada yang lulusan PRISTAC PP At-Taqwa Depok, SMA al-Azhar Jakarta, SMA al-Kahfi Sukabumi, Pesantren Ibnul Qayyim Yogyakarta, Pesantren Persis Garut, SMA Nurul Fikri Depok, dan sebagainya. Ada yang perch kuliah beberapa semester di UGM Yogya, IIUM Kuala Lumpur, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Para mahasiswa baru ini juga berasal dari berbagai daerah: Depok, Balikpapan, Malang, Surabaya, Bekasi, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Cianjur, Ngawi, dan sebagainya.

Kepada para mahasiswa baru, selalu kami tekankan, bahwa ATCO adalah lembaga pendidikan tinggi non-formal, yang tidak memberikan gelar akademik. Mereka dituntut untuk punya niat ikhlas dalam mencari ilmu, untuk menjadi orang baik, orang yang bermanfaat. Sebab, niat ikhlas dan beradab dalam mencari ilmu, adalah kunci sukses untuk meraih ilmu yang bermanfaat.

Mata Kuliah yang diajarkan pada semester I ini adalah: (1) Islamic Worldview (2) Konsep Adab Ilmu dalam Islam (3) Bahasa Arab (4) Bahasa Inggris (5) Islam dan Pancasila (6) Teknik Penulisan Ilmiah (7) al-Quran dan Orientalisme (8) Hadits dan Orientalisme (9) al-Quran dan Adab-adabnya (10) Fiqhud Dakwah (11) Siroh Nabawiyah (12) Teknologi Informasi, (13) Pendidikan Islam (14) Ibadah, Adab Harian, dan Tahsin al-Quran, (15) Tahfidz al-Quran (16) Bela diri dan Kesehatan.

Dosen-dosen yang akan mengajar pada semester I ini, insyaAllah: Dr. Adian Husaini, Dr. Nirwan Syafrin, Dr. Muhammad Ardiansyah, Dr. Suidat, Ust. Asep Sobari Lc, Dr. Rahmatul Husni, Dr. Ir. Munawar, Dr. Zahrul Fata, Ust. Abdul Hakim, M.Pd., Ust. Haris Susmana, Ust. Wahyudi Husain, Ust. Ahmad Wildan.

***

Setahun lalu, tepat 17 Agustus 2019, ATCO memulai Kuliah dengan 11 mahasiswa. ATCO Depok menetapkan sistem perkuliahan yang intensif dan fleksibel, dengan LIMA standar kompetensi lulusan: (1) Adab/akhlak mulia (2) Pemikiran Islam (3) Bahasa Inggris dan Arab (4) Komunikasi lisan dan tulisan (5) Teknologi Informasi.

ATCO menerapkan konsep “Universitas Ideal” dalam Islam, sebagaimana dirumuskan oleh Prof. Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud, yakni bertujuan membentuk manusia yang utuh, insan kamil/al-insan al-kulliy) atau “a universal man”, yakni manusia beradab (insan adabi/man of adab).

Tujuan ATCO sesuai dengan amanah UUD 1945 pasal 31 ayat 3, yang menyatakan: “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan, ketaqwaan, serta akhlak mulia, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Tahun pertama

Selama setahun, para mahasiswa ATCO telah mengikuti mata kuliah, antara lain:

Islamic Worldview (Dr. Adian Husaini),
Konsep Pendidikan Islam (Dr. Adian Husaini),
Konsep Ilmu Imam al-Ghazali (Dr. Muhammad Ardiansyah),
Pengantar Filsafat Barat (Khairul Rijal MA),
Bahasa Arab (Dr. Muhammad Ardiansyah),
Ibadah dan al-Quran (Haris Susmana),
Islam dan Pancasila (Dr. Suidat)
Kristologi
Pengantar Filsafat Islam (Adnin Armas)
Sejarah Peradaban Islam (Dr. Alwi Alatas),
Sejarah Perjuangan Umat Islam Indonesia (Dr. Tiar Anwar Bachtiar),
Sejarah dan Pemikiran Wali Songo (Dr. Muhammad Isa Anshari),
Filsafat Yunani (Dr. Syamsuddin Arif),
Hadits dan Orientalisme (Dr. Zahrul Fata),
Peradaban Barat dan Pengaruhnya terhadap Pemikiran dan Pendidikan Islam (Dr. Adian Husaini),
Reading “Islam and Secularism” (Dr. Nirwan Syafrin),
Reading Kitab “Ihya Ulumiddin” bab Ilmu (Dr. Nirwan Syafrin), dan lain-lain.
Para mahasiswa ATCO diwajibkan membuat laporan adab dan ibadah harian, yang mencakup pelaksanaan shalat jamaah, baca al-Quran, beberapa doa dan dzikir, serta shalat sunnah. Meskipun masih berada di rumah, karena Covid-19, para mahasiswa membuat laporan adab harian melalui WA.

Prestasi Mahasiswa

(a) Pada Agustus 2020, mahasiswa ATCO, Azzam Habibullah melancarkan buku keempatnya bertajuk: “Hikmah Sejarah untuk Indonesia Berkah”.

Juga Fatih Madini melancarkan bukunya yang kedua bertajuk: “Reformasi Pemikiran Pendidikan Kita”.

Saat ini, buku mahasiswa ATCO, Faris Ranadi juga sedang dalam proses produksi. Judulnya: “Pemikiran Islam dan Tantangan Globalisasi”.

(b) Pada tahun 2018, Fatih Madini, meluncurkan buku berjudul “Mewujudkan Insan dan Peradaban Mulia”, pada umur 16 tahun (https://attaqwa.id/2020/05/01/baru-16-tahun-santri-pristac-luncurkan-buku/). Fatih Madini juga telah memberikan berbagai ceramah di berbagai sekolah, kampus, dan pesantren. (https://attaqwa.id/2020/05/04/mahasiswa-at-taqwa-college-ceramah-di-depan-mahasiswa-baru-uniska-banjarmasin/)

(c) Sebelum meluncurkan keempatnya yang berjudul: Hikmah Sejarah untuk Indonesia Berkah, Azzam Habibullah telah memberikan presentasi paper di USA, Swedia, dan Turki. (Sosok dan sejumlah tulisan Azzam bisa dibaca di: https://azzamhabibullah.net/aboutme/

(d) Faris Ranadi, telah menulis sejumlah artikel dan mempresentasikan artikelnya di berbagai tempat. Ia pun telah menerbitkan sebuah novel. Di Pesantren At-Taqwa, Faris Ranadi membantu mengajar bahasa Inggris untuk para santri. (https://attaqwa.id/2020/05/04/mahasiswa-at-taqwa-college-terbitkan-novel/)

(e) Mahasiswa ATCO memiliki potensi dan keunggulan masing-masing. Faiz Rasyidi dan Asalin Mushaffa, alumnus PRISTAC PP At-Taqwa Depok, selain sebagai mahasiswa, ia juga menjadi guru silat di Pesantren At-Taqwa Depok. Mahasiswa ATCO Muhammad Fadlan, disamping memiliki keahlian dalam IT, juga mengajar al-Quran di Pesantren. Begitu juga Mahasiswa ATCO, Zein ad-Din, disamping menjadi mahasiswa juga mengajar Kitab Arab Melayu. Dan beberapa mahasiswa lainnya yang memiliki potensi di berbagai bidang.

Demikianlah perjuangan ATCO menuju “universitas unggul” selama setahun. Alhamdulillah, memasuki tahun kedua, semakin besar kepercayaan umat Islam terhadap ATCO. Kami mohon doa. (Depok, 25 Agustus 2020).

Leave a Comment