Menjadi Insan Kepesantrenan Dengan Keikhlasan

...

Pesantren menjadi satu wadah Pendidikan untuk menciptakan generasi-generasi unggul. Mereka semua ditujukan untuk melanjutkan perjuangan nabi yaitu dakwah amar ma’ruf nahi munkar itu sendiri. Di dalam pesantren itulah akan ditemukan berbagai macam pelajaran, bukan hanya sekedar pelajaran di kelas tetapi juga pelajaran kehidupan.

Penulis : Farros Halim (Santri PRISTAC II - Pesantren At-Taqwa Depok, 15 tahun)
Baca Artikel →

Artikel

Ujian Kenaikan Tingkat Bela Diri Yang Penuh Makna

Ahad, 19 Juni 2022, sejumlah santri Pesantren at-Taqwa Depok kembali menggelar Ujian Kenaikan Tingkat Bela Diri Syufu Taesyukhan. Ujian ini diselenggarakan untuk menguji tingkat pemahaman santri dalam menguasai beladiri. Acara ini dikhususkan bagi santri yang telah mendaftar agar bisa ikut serta dalam ujian.

Penulis : Muhammad Fathan Qoriiba (Santri PRISTAC—Pesantren at-Taqwa Depok, 16 tahun) 1 month ago

Literasi Islam: Cintai Buku, Berlatih Menulis, Dan Bangunlah Bangsa Indonesia! -Liputan IBF Goes to Pesantren at-Taqwa Depok 2022-

Sabtu, 28 Mei 2022, pagi itu hujan lebih dulu menyapa masyarakat Pesantren at-Taqwa Depok. Di pagi yang dingin itu, Pesantren at-Taqwa Depok dikunjungi perwakilan Islamic Book Fair (IBF) yang membawa wajah baru: Go to Pesantren!

Penulis : Alfidhiya Zitazkiya Fika (Santriwati PRISTAC – Pesantren at-Taqwa Depok, 15 tahun) 2 months ago

Studi Banding Pendidikan Adab, Guru-Guru Smp IT Nur Hidayah Surakarta Kunjungi Pesantren At-Taqwa Depok

Selasa, 24 Mei 2022, Pesantren at-Taqwa Depok menerima kunjungan 16 guru SMP IT Nur Hidayah Surakarta. Kunjungan ini dilaksanakan untuk melakukan studi banding pendidikan adab di Pesantren at-Taqwa Depok.

Penulis : Ust. Ahda Abid 2 months ago

Presentasi Makalah Tugas Akhir Santri Pristac 2022, Mudir At-Taqwa: “Tema Berat Disajikan Dengan Baik”

Sejumlah 21 Santri PRISTAC 2 angkatan 4 melaksanakan presentasi Makalah Tugas Akhir pada Rabu-Kamis, 2-3 Maret 2022. Pada presentasi tahap pertama ini, Santri dan Santriwati PRISTAC menyajikan makalah-makalahnya di hadapan para guru dan pembimbing.

Penulis : Tim Redaksi 5 months ago

Krisis Peradaban Dan Problematika Makna Kebebasan

Ajaran Islam memang sama sekali tidak ada unsur pemaksaan. Jadi otomatis pemeluknya bebas memilih yang terbaik (ikhtiyar). Contohnya dalam hal berjilbab. Memilih berjilbab karena tuntunan syariat merupakan sebuah kebebasan bagi seorang Muslimah. Ini adalah bentuk ikhtiyar, sebuah kebebasan dalam memilih yang terbaik. Ajaran Islam tidak memaknai kebebasan sebagai kebebasan memilih yang terbaik ataupun yang terburuk.

Penulis : Jamilah Afifah Rahmah (Santriwati PRISTAC - Pesantren At-Taqwa Depok, 16 tahun) 6 months ago

Tiga Tahun At-Taqwa College Depok; Perjuangan Menerapkan Konsep Universitas Ideal

ATCO telah merumuskan dan berjuang menerapkan konsep "Universitas Ideal" dalam Islam. Yakni, suatu program yang bertujuan membentuk manusia integral, manusia yang utuh, (al-insan al-kulliy atau "a universal man", yakni manusia beradab (insan adabi/man of adab).

Penulis : Dr. Adian Husaini (Direktur At-Taqwa College Depok) 6 months ago

Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”

Di bangku SMA pada umumnya, biasanya para siswa tidak diberikan kajian-kajian pemikiran yang serius tentang peradaban, tentang sejarah, tentang pemikiran Islam, tentang politik, ekonomi, sosial budaya, dan sebagainya. Sebab, para siswa SMA dianggap masih “anak-anak”. Mereka dianggap belum dewasa. Dalam istilah lain, para siswa SMA dimasukkan ke dalam ketegori “Remaja”.

Penulis : Dr. Adian Husaini (Direktur At-Taqwa College Depok) 6 months ago

Muhammadiyah Dalam Kancah Kebudayaan Jawa

Sebenarnya, latar-belakang KH Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah ini untuk gerakan pembaharuan keagamaan, kekuatan politik (walaupun tidak terlalu menonjol dan dalam tataran arus bawah), dukungan terhadap budaya Jawa, dan sebagai bentuk respons kepada komunisme dan Kristen.

Penulis : Fawwaz Ziyad el-Hakim (Santri PRISTAC-Pesantren at-Taqwa Depok, 15 tahun) 6 months ago

Misi Kristen Dan Da’wah Islam Di Jawa

Banyak dari kalangan sarjana Muslim maupun Barat mengakui bahwa kolonialisme selalu disertai dengan adanya misi Kristen. Hubungan keduanya sangat erat. Orientalis sering membantu kolonialisme dan misi Kristen untuk melakukan gerakan bersama, menaklukan negara-negara jajahan.

Penulis : Niswa Fatiha Rizkiya (Santriwati PRISTAC – Pesantren at-Taqwa Depok, 16 tahun) 6 months ago

Muhasabah Akhir Tahun: Merenungi Kembali Fitnah-Fitnah Dalam Surat Al-Kahfi

Hari ini orang silau dengan jabatan dan kekuasaan. Semua orang menghalalkan cara untuk memperoleh jabatan. Padahal kekuasaan adalah sebuah pertanggunghawaban yang amat besar...

Penulis : Ust. Bana Fatahillah (Direktur Shoul Lin al-Islami, Pesantren at-Taqwa Depok) 7 months ago