• About Us
  • Programs
    • Shoul-Lin (Setingkat SMP)
    • PRISTAC (Setingkat SMA)
    • AT-TAQWA COLLEGE (Setingkat S1)
  • Enrollment
    • Enrollment Procedure
    • Enroll Now
  • Article
  • Gallery
    • Photos
    • Videos
  • Contact
    • Hotline
    • Leaving Request
      • Cart

        0
    Have any question?
    0813 1945 2129
    admin@attaqwa.id
    Login
    Pesantren At-Taqwa DepokPesantren At-Taqwa Depok
    • About Us
    • Programs
      • Shoul-Lin (Setingkat SMP)
      • PRISTAC (Setingkat SMA)
      • AT-TAQWA COLLEGE (Setingkat S1)
    • Enrollment
      • Enrollment Procedure
      • Enroll Now
    • Article
    • Gallery
      • Photos
      • Videos
    • Contact
      • Hotline
      • Leaving Request
        • Cart

          0

      Blog

      • Home
      • Blog
      • Blog
      • AT-TAQWA COLLEGE DEPOK: Perguruan Tinggi Unggul Berbentuk Pesantren (3/3)

      AT-TAQWA COLLEGE DEPOK: Perguruan Tinggi Unggul Berbentuk Pesantren (3/3)

      • Posted by At-Taqwa
      • Categories Blog
      • Date August 30, 2019
      • Comments 0 comment

      Lima Keunggulan

      Secara konseptual, At-Taqwa College (ATCO) memiliki lima keunggulan. Yaitu:

      1. Konsep universitas yang ideal. Sebagai Perguruan Tinggi, ATCO menerapkan konsep ‘Universitas’ dalam Islam. University atau Jaami’ah, bermakna universal, menyeluruh, integral, kulliy; bukan parsial, bukan juz’iyyah. Maknanya, tujuan utama Pendidikan Tinggi adalah membentuk manusia yang sempurna (insan kamil), dan sekaligus memiliki skill (profesionalitas) yang diperlukan untuk mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat.

      Jadi tujuan utama adalah menjadi manusia yang baik (good man). Universitas tidak sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK), meskipun di AtCo, mahasiswa juga dibekali ilmu dan ketrampilan untuk hidup mandiri.

      2. Konsep keilmuan yang integral. Pendidikan di ATCO berpijak atas konsep ilmu yang integral. Yaitu: (a) Memadukan tiga sumber ilmu (panca indera, akal, dan khabar shadiq) secara integral dan proporsional; dan (b) mendahulukan ilmu-ilmu fardhu ‘ain dan menempatkan ilmu-ilmu fardhu ‘ain dan fardhu kifayah secara proporsional.

      3. Adab dan Akhlak mulia diutamakan. Yakni: (a) Mengutamakan adab dan akhlak mulia, sebelum ilmu. Agar meraih ilmu yang bermanfaat, diawali dengan niat IKHLAS mencari ilmu. (b) Hanya mahasiswa beradab dan berakhlak mulia yang berhak melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Rumusnya: beradablah kamu, kemudian berilmulah! Rumus pendidikan ini untuk menghindarkan munculnya orang-orang yang berilmu tinggi tetapi perilakunya jahat dan merugikan masyarakat.

      4. Menerapkan profesionalisme. ATCO membekali mahasiswa dengan kompetensi professional yang diperlukan untuk membangun kemandirian diri dan ketahanan masyarakat. Di era disrupsi, tiga kompetensi unggulan yang diperlukan oleh pejuang muslim professional: (a) Adab dan akhlak mulia (b) bahasa Inggris dan Arab (c) Pemikiran Islam, (d) Teknologi Informasi, dan (e) Komunikasi lisan dan tulisan. Selain itu, dilengkapi pula dengan kompetensi pilihan: Kewirausahaan dan Pertanian mandiri.

      5. Pembelajaran yang adil dan fleksibel. ATCO menerapkan sistem pembelajaran yang adil dan fleksibel, berprinsip pada “based on result”, bukan “based on process”. Jadi, bentuk evaluasi yang terpenting adalah “kamu bisa apa” bukan “kamu sudah belajar apa” dan berapa lama. Mahasiswa yang menguasai lima kompetensi dan telah menguasai sekitar 40 mata kuliah dan mampu menulis skripsi dengan baik, dinyatakan berhak lulus dari ATCO.

      Demikianlah LIMA kriteria utama suatu Perguruan Tinggi dapat dikatakan sebagai KAMPUS TERBAIK. Karena memenuhi lima kriteria itu, maka ATCO juga dapat dikatakan sebagai kampus terbaik. Begitu juga, jika ada Perguruan Tinggi yang memenuhi lima kriteria itu, itulah yang disebut sebagai “kampus terbaik”.

      Kurikulum ATCO

      Kurikulum adalah seluruh proses pendidikan yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan, dalam hal ini adalah tujuan pendidikan AtCo. Lulusan AtCo ditargetkan memiliki kompetensi-kompetensi sebagai berikut:

      Beraqidah Shahihah
      Bersemangat ibadah dan dakwah
      Cinta ibadah dan haus ilmu
      Beradab jiwa dan raga
      Berakhlak mulia
      Memiliki hafalan al-Quran dan Hadits
      Menguasai Dasar-dasar Ulumuddin
      Menguasai Sejarah Peradaban Islam
      Menguasai Pemikiran Islam
      Menguasai Pemikiran Kontemporer
      Menguasai sejarah dan peradaban modern
      Menguasai konsep dan praktik pendidikan Islam
      Unggul dalam komunikasi lisan dan tulisan (Bahasa Indonesia dan Inggris)
      Menguasai ‘IT Developer’
      Mampu membaca teks Arab
      Menguasai ilmu wirausaha dan pertanian mandiri

      Untuk mencapai tujuan atau target standar kompetensi lulusan itulah, maka disusun kurikulum AtCo, yang sebagiannya ditampilkan dalam bentuk silabus mata kuliah berikut ini:

      Semester I

      Adab Harian
      Bahasa Arab (1)
      Bahasa Inggris (1)
      Tahsin al-Quran
      Tahfizh al-Qur’an dan Hadits
      Fiqih Ibadah
      Dzikir dan Doa
      Islamic Worldview dan Pemikiran Kontemporer
      Konsep Ilmu Imam al-Ghazali
      Kajian Filsafat Barat
      Kajian Filsafat Yunani
      Praktik Pendidikan Islam
      Jurnalistik (1)
      Teknologi Informasi (1)

      Semester II

      Adab Harian
      Bahasa Arab (2)
      Bahasa Inggris (2)
      Tahfizh al-Qur’an dan Hadits
      Ulumul Qur’an dan Hermeneutika
      Ilmu Ushul Fiqh
      Filsafat Ilmu: Perspektif Barat dan Islam
      Pemikiran Kontemporer:
      Liberalisme, Sekularisme, Pluralisme, Studi Gender dan LGBT
      Kajian Tokoh (1): Prof. Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Prof. Wah Mohd Nor Wan Daud
      Kajian Tokoh : Mohammad Natsir dan Hamka
      Jurnalistik (2)
      Teknologi Informasi (2)

      Semester III

      Adab Harian
      Bahasa Arab (3)
      Bahasa Inggris (3)
      Tahfizh al-Qur’an dan Hadits
      Sejarah dan Metodologi Hadits
      Kajian Fiqih Kontemporer
      Sejarah Peradaban Islam (1)
      Studi Filsafat Islam
      Pemikiran Kontemporer: Liberalisasi Syariat Islam
      Kajian Tokoh : Shalahuddin al-Ayyubi dan Muhammad al-Fatih
      Kajian Tokoh : KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan
      Jurnalistik (3)
      Teknologi Informasi (3)

      Semester IV

      Adab Harian
      Bahasa Arab (4)
      Bahasa Inggris (4)
      Tahfizh al-Qur’an dan Hadits
      Kajian Politik dan Harakah Islam
      Sejarah Peradaban Barat
      Studi Agama-agama (Yahudi dan Kristen)
      Pemikiran Kontemporer: Politik dan Ekonomi Indonesia
      Kajian Tokoh : Soekarno, Hatta, Haji Agus Salim, Kasman Singodimejo
      Kajian Tokoh : Ulama-ulama Nusantara
      Jurnalistik (4)
      Teknologi Informasi (4)

      Semester V

      Adab Harian
      Tahfizh al-Qur’an dan Hadits
      Sejarah Peradaban Islam (2)
      Sejarah Islam Indonesia
      Studi Sains Islam
      Kajian Peradaban Cina
      Pemikiran Kontemporer :
      Kajian Hukum di Indonesia
      Kajian Tokoh : Tokoh-tokoh Perempuan
      Teknologi Informasi (5)

      Semester VI

      Adab Harian
      Tahfizh al-Qur’an dan Hadits
      Sejarah Peradaban Islam (3)
      Kajian tentang Sufisme
      Kajian Islam dan Budaya Jawa
      Kajian tentang Syiah
      Kajian Kristenisasi di Indonesia
      Pemikiran Kontemporer: Konsep HAM: Islam dan Barat
      Kajian Tokoh: Pangeran Diponegoro
      Kajian Tokoh: Wali Songo

      Semester VII

      Adab Harian
      Tahfizh al-Qur’an dan Hadits
      Sejarah Pendidikan di Indonesia
      Studi Yahudi dan Zionisme
      Enterpreneurship, Phermaculture, E-Trading
      Proposal Skripsi

      Semester VIII

      Ujian Komprehensif
      Praktik Da’wah Lapangan
      Skripsi

      Untuk mengefektifkan proses pendidikan dan pembelajaran, maka pimpinan, sebagian dosen, dan juga mahasiswa ATCO harus tinggal di Pesantren. Proses pendidikan seperti ini yang disebut sebagai mulazamah. Prosesnya berlangsung secara intensif selama 24 jam dengan bimbingan pimpinan dan dosen ATCO.

      Model pendidikan tinggi seperti inilah yang bisa dikatakan sebagai Perguruan Tinggi terbaik. Kriteria terbaik terutama ada pada kualitas dosen-dosennya yang berilmu dan berakhlak mulia. Juga sistem dan kurikulum pendidikan di ATCO yang mengadopsi konsep keilmuan integral dan pemaduan ilmu-ilmu fardhu ‘ain dan fardhu kifayah secara proporsional (adil). Penekanan pada niat yang ikhlas untuk mencari keridhaan Allah dan ilmu yang bermanfaat, insyaAllah akan menambah kelancaran pendidikan di ATCO.

      Semoga Allah SWT memberikan bimbingan dan pertolongan-Nya. Amin. (*****)

      Tag:at-taqwa college, ATCO

      • Share:
      author avatar
      At-Taqwa

      Previous post

      AT-TAQWA COLLEGE DEPOK: Perguruan Tinggi Unggul Berbentuk Pesantren (2/3)
      August 30, 2019

      Next post

      Telah Terbit Buku "Sejarah Nasional Indonesia untuk Pelajar"
      September 6, 2019

      You may also like

      DSC06089
      At-Taqwa College Depok: Perguruan Tinggi Unggul Berbentuk Pesantren
      26 September, 2019
      DSC04162
      Mengenal Pesantren At-Taqwa Depok
      26 September, 2019
      WhatsApp Image 2019-09-06 at 09.19.55
      Telah Terbit Buku “Sejarah Nasional Indonesia untuk Pelajar”
      6 September, 2019

      Leave A Reply Cancel reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      Search

      Categories

      • Artikel Santri
      • Blog
      • News

      logo-eduma-the-best-lms-wordpress-theme

      Jl. Usman Hasbi, Kel. Jatimulya, Kec. Cilodong

      Depok, Jawa Barat, 16413

      0813 1945 2129

      admin@attaqwa.id

      Pesantren At-Taqwa Depok, 2019

      Login with your site account

      Lost your password?