Tujuan: Melahirkan Pejuang

Tujuan pendidikan di Pesantren at-Taqwa adalah untuk membentuk santri yang beradab (insan adabi). Ini ditandai dengan tertanamnya nilai-nilai adab dan dikuasainya wawasan keilmuan sesuai dengan potensi dan kebutuhan dakwah. Insan adaby pada dasarnya adalah manusia pajuang yang mengamalkan ilmu yang dimilikinya, untuk diri, keluarga, dan masyarakatnya.

Inilah hakikatnya seorang manusia pejuang yang dicitakan lahirnya dari sebuah proses pendidikan Islam (QS Luqman: 17). Tujuan hidup manusia berbeda dengan binatang. Manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah. Sementara itu, nilai keberadaan seorang muslim ditentukan oleh kemanfaatannya kepada sesama. Di sinilah pentingnya penanaman nilai-nilai perjuangan dalam diri seorang muslim. Kaum muslim mengemban amanah risalah, wajib melanjutkan perjuangan para Nabi, untuk menegakkan Tauhid dan akhlak mulia.

Secara umum, lulusan Pesantren at-Taqwa, mulai Shoul Lin al-Islami sampai Attaqwa College setingkat dengan lulusan sarjana Strata-1, diwajibkan memiliki kompetensi dasar :

  1. Beraqidah yang shahihah
  2. Memiliki pandangan hidup Islam (Islamic Worldview) yang baik
  3. Semangat dalam Ibadah
  4. Berakhlak mulia
  5. Beradab dalam berbagai aspek
  6. Bersemangat dan mampu melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar
  7. Sehat dan kuat badannya
  8. Menguasai bahasa Arab dan Inggris
  9. Mampu menjadi guru (muaddib) yang baik,
  10. Cinta ilmu
  11. Mampu mengajar mengaji
  12. Memiliki lifeskill tertentu untuk bekal kemandirian.
Open chat
Hubungi kami untuk respon cepat melalui WhatsApp.